Cart

Cart

Beberapa Cara Handling IBC Tank yang Baik dan Benar

Distributor IBC Tank Jakarta Terbaik 100% Bergaransi > Blog IBC Tank > Blog > Beberapa Cara Handling IBC Tank yang Baik dan Benar
IBC Tank Storage Container Tote Tank

Beberapa Cara Handling IBC Tank yang Baik dan Benar

by IBC Tank Jakarta |19 Mei 2019 | Blog
5/5 (5)

Anda tahu apa itu IBC tank container? Sebenarnya, ini adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan material cair seperti cat, minyak pelumas, bahan kimia dan lainnya. Bisa dibilang, IBC tank ini adalah tempat penyimpanan modern yang aman untuk bahan itu. Namun, Anda juga harus tahu cara handling IBC tank kalau mau pakai ini, ya!

1. Inspection IBC Tank

Salah satu handling yang dilakukan pada IBC tank adalah inspection IBC tank. Inspection IBC tank sendiri adalah cara handling IBC tank yang berguna untuk pengecekan kondisi IBC tank agar sesuai dengan visual pada saat IBC tank masuk dan keluar depo. Tentu saja, hal ini dilakukan dengan berpedomankan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Bagaimana prosedur cara handling IBC tank yang satu ini? Pertama, Anda harus menyimpan semua alat yang diperlukan. Alat yang diperlukan tersebut adalah sting, rule, meteran, hammer test, kamera, form survey, kapur, steel mark dan beberapa bahan lainnya. Semua alat tersebut digunakan untuk cek item yang diperlukan pengecekan.

Setiap item dari IBC tank harus dicek terlebih untuk sebelum digunakan untuk mengetahui kelayakan dan kerusakan yang mungkin terjadi. Selain itu, pengecekan juga dilakukan untuk wear and tear dan improper repair. Untuk cara handling IBC tank adalah dengan melakukan pengecekan kargo yang terakhir dimuat di dalamnya.

Adapun bagian yang harus dicek dan masuk dalam cara handling IBC tank adalah bagian date plate, screw cap, valve, dust cap, HDPE bottle, frame dan juga pocket atau pallet yang semuanya merupakan bagian dari IBC tank itu. Cara handling IBC tank yang aman ini adalah memeriksanya satu-satu dengan menggunakan alat yang ada tadi.

2. Pencucian IBC Tank

Selain inspeksi, cara handling IBC tank lain yang biasa dilakukan adalah pencucian IBC tank. Proses pencucian ini dilakukan untuk bagian dalam dan bagian luar IBC yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa muatan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara handling IBC tank terbaru dan aman dalam hal pencucian ini?

Tentu saja Anda harus mencucinya dengan menuruti prosedur yang ada. Pertama, harus ada pre cleaning. Cara handling IBC tank ini adalah mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam pencucian IBC tank. Setelah itu adalah tahap dismantling and cleaning IBC tank acessories atau pembongkaran, pencucian, dan pengeringan semua item.

Item yang dimaksud adalah valve, gasket, seal IBC tank dan lainnya. Tahap selanjutnya dalam cara handling IBC tank adalah cleaning internal IBC tank atau disebut juga dengan proses pencucian dinding dalam IBC. Pencucian ini dilakukan menggunakan air segar bertekanan tinggi yang dicampur dengan chemical removal.

Tahap selanjutnya dalam cara handling IBC tank pencucian ini adalah rinsing. Tahap ini adalah tahap pembilasan yang dilakukan dengan air panas bertekanan sehingga sisa kargo yang ada rontok. Lanjut ke tahap cleaning external IBC tank atau pencucian bagian luar tank dari debu, kotoran, label dan lainnya.

Tahap selanjutnya pada cara handling IBC tank adalah drying atau pengeringan. Tahap terakhir, adalah finishing yang merupakan proses pemasangan kembali semua aksesoris IBC tank yang dilepas.

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa cara handling IBC tank, kan? Anda juga sudah tahu pengertian IBC tank container itu. Anda bisa menggunakan tempat ini untuk menyimpan muatan cair seperti minyak pelumas, cat dan lainnya yang biasanya digunakan dalam pengiriman barang yang jauh dan banyak.

Berikan rating

Share this post:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *